Selasa, 07 Agustus 2012

"Dosa-dosa" Mahasiswa

 



Mahasiswa dikenal sebagai agen pengubah, agen yang diharapkan membawa bangsa ini menuju perubahan ke arah yang lebih baik, namun dalam perjuangan nya menjadi sarjana, Mahasiswa terkadang melakukan kesalahan-kesalahan yang karena saking sering nya dilakukan, turun temurun  akhirnya menjadi budaya yang jelek. Apa saja itu? Cekidot!! 

Titip Absen
Ini adalah kesalahan terbesar mahasiswa yang kalau ketahuan (kalau ketahuan lho… he3x) oleh dosen  yang bersangkutan akan menyebabkan dia menjadi “no.1 publick enemy” sang dosen. Ada kesan memang meremehkan mata kuliah beliau  dan tindakan menipu mentah-mentah. Jelas aja dosen jadi mencak-mencak apabila menemukan kasus seperti ini di kelasnya.

Keadaan ini umumnya terjadi apabila di kelas tersebut terlalu banyak Mahasiswanya dan juga memanfaatkan kelengahan dosen yang terkadang cukup percaya dengan sistem absen berjalan tanpa mengecek ulang kembali mahasiswa yang hadir.

Dosa terbesar bukan dilimpahkan kepada yang minta titip absen, melainkan yang berani meng-eksekusi kan tanda tangan teman yang bolos. Kalau ketahuan… wah parah! Waktu saya kuliah pernah kejadian dan sang dosen mem-vonis selama mata kuliah tersebut masih dipegang beliau, maka “sang tersangka” tidak akan pernah lulus mata kuliah tersebut! Wah!!! Gaswat!!!!

Bolos Kuliah
Nah? Apa bedanya kasus diatas sama kasus ini? Bedanya kalau titip absen sudah pasti bolos, tapi kalau bolos doang belum tentu titip absen. “Dosa” yang satu ini terjadi terkadang karena memanfaatkan kebijakan kampus dimana persentasi kehadiran dalam satu mata kuliah minimal 90%, dan “di-izin-kan” 10% tidak masuk walau tanpa keterangan.

Momen yang satu ini biasanya dimanfaatkan apabila “harpitnas” alias “hari kejepit nasional“ dan mau libur lebaran atau tahun baru. Siap-siap saja dosen yang “nekat” tetap membuka kelas di hari-hari semacam tersebut akan mendapati kelas nyaris sunyi ditinggal mahasiswanya mudik.

Tugas Dikerjain Teman
Nah! Yang ini masih ada sangkut pautnya sedikit sama keadaan kasus diatas. Asik-asik nya libur di kampung halaman… eh ternyata ada kabar kalau dosen A ngasih tugas dan besok harus dikumpul!! Dan panik  lah sodara-sodara! Walhasil cara tercepat menyelesaikan masalah tersebut adalah…. Hubungi teman yang masih berada di kota kawasan kampus atau yang tinggalnya memang di sana, dan berkata…. “bos! Kerjain tugas gue yah! Ntar gampang deh… gue traktir makan kalau gue udah balik”…. Walah??? Dan atas nama “kesetiakawanan” sang kawan pun mau mengerjakan tugas tersebut  sambil membayangkan Ayam Bakar Wong Solo… he3x…

Tugas Copas
Copas alias Copy and Paste adalah andalan bagi mahasiswa yang rada-rada pemalas, tinggal pinjam 2 atau 3 buah softcopy  file tugas teman atau simpanan punya kakak tingkat, edit-edit dikit, copy sana paste sini, jadilah “barang baru” buat di kumpulkan.

Gaya diatas masih “mendingan”, ada pula yang copy paste sebiji penuh tugas punya teman, yang ini neh yang kacau, ketahuan ass. Dos aja berabe dah urusannya. Pembagian nilai biasanya jadi hukuman yang setimpal bagi sang pelaku. Jadi kalau ada 2 tugas yang sama persis dengan nilai 8, maka masing-masing pelaku cuma dikasih separonya, 4-4. Masih mending dikasih, ada kalanya tugas kita dicoret dan langsung dikasih nilai E, parah dah!

Nyontek Teman Saat Ujian
Kalau yang ini katanya sih “warisan” SMA yang masih kebawa-bawa. “Kesetiakawanan” lagi-lagi menjadi tameng untuk melakukannya. Sampai-sampai ada jargon kala itu “posisi duduk anda menentukan prestasi anda”.

Untung nya dosen-dosen sekarang udah pada tau trik mensiasatinya. Umumnya dalam satu baris meja saat ujian diberikan tipe soal secara random (acak) sehingga  soal ujian kita dengan teman sebelah berbeda, soal yang sama baru didapati di deret ke 3-4 meja selanjutnya, mau nyontek? Jadinya susah.

Cari Jawaban Ujian Dari Mbah Google
Ini dia trik kebetan jawaban terbaru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dulu… buat kebetan jawaban mahasiswa suka bikin catatan kecil-kecil dan diselipkan di daerah tertentu, sampai-sampai kalau udah masuk musim ujian, tukan fotokopi-an kebanjiran order fotokopi perkecil 10x.

Sekarang? Gak perlu kertas kebetan macem-macem, cukup siapkan ponsel yang bisa internetan dan browser stand by di google.com, pertanyaan apapun jawabanya bisa dicari dengan segera, dengan memanfaatkan pencarian akurat ala Google.

Keadaan ini terjadi dengan memanfaatkan kelonggaran dimana ponsel boleh masuk ke ruang ujian. Untuk beberapa pengawas ujian ada juga yang lumayan “kejam”, ponsel dengan alasan apapun tidak boleh masuk ruang ujian.

Tidur Di Kelas
Kurang tidur bos? Kecape’an? Atau kelasnya boring? Apapun alasannya ya… tetap saja tidur dikelas tidak diperbolehkan. Ada kesan juga sih menghina/ meremehkan mata kuliah, makanya tidak boleh. Mahasiswa yang doyan tidur hobinya duduk di belakang atau di tengah-tengah kelas nyempil di kerumunan mahasiswa yang lain.

Musuh besarnya adalah kelas dengan model lantai bertingkat kayak model kelas di Amerika sono, walhasil mau duduk dimana pun, mau di depan, tengah atau belakang sami mawon bos! Tetap ketahuan dosen kalau anda lagi tidur. He3x

Asik Sendiri Dalam Kelas
Macam-macam dah, ada yang asik ngobrol, ada yang asik dengerin music di MP3 player yang diselipkan, asik nonton film, asik browsing, dan sekali-sekali curu-curi kesempatan sms-an (zaman saya BB masih barang mahal banget, sekarang mungkin asik BBM-an).
Terkadang keadaan ini terjadi memang ada tipikal dosen yang agak cuek, mau di dengerin kek, mau tidak kek yang penting saya sudah selesai mengajar.

Jujur saya, saya tidak munafik… semuanya “dosa” diatas waktu zaman saya masih kuliah juga pernah saya lakukan. Tulisan diatas bukan buat ngajarin ulang lho… tapi sekedar refleksi beginilah terkadang kenyataan yang dialami mahasiswa.

Kalau ada dosen yang baca tulisan ini, janganlah dijadikan “bahan” buat menghukum mahasiswa, lebih baik dijadikan solusi bagaimana kira-kira keadaan yang bisa diterima keduanya, baik dosen maupun mahasiswa. Toh… prestasi kesuksesan dosen sesungguhnya bukan pada gelar dan penghargaan yang disandang sang dosen, melainkan dari kesuksesan pada mahasiswa yang diajarkannya.

That’s All ! Regards !


2 komentar:

  1. semuaa pernah gw lakuin gan kecuali yang nyontek pas ujian... soalnya berat banget hukumannya... kalo ketahuan semua mata kluliah semester itu langsung gugur alias nilainya E semua. pernah kejadian angkatan 2004 di kampus gw... serem dah pokoknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. He3x... kalau dulu saya nyontek tergantung posisi dan pengawas. sampai-sampai ada slogan "posisi anda menentukan prestasi anda" dan "keberhasilan anda tergantung pengawas" he3x..

      Hapus