Selasa, 19 Maret 2013

Film Kartun Berpengaruh di Indonesia (Part I)

Siapa yang doyan film kartun? He3x... rata-rata kita semua doyan nonton film kartun, baik yang sudah berumur, lebih-lebih anak-anak. Bagi yang masa kecilnya di tahun 80an dan 90an kenangan akan film kartunnya dijamin banyak! maklum tahun segitu persaingan TV swasta menjelajah ke semua penonton, dan demi menjaring penonton anak-anak persaingan film kartun pun terjadi, efeknya... pilihan tontonan kartun tahun 90an menjadi beragam.

Berawal dari ide seorang teman! (Thanks idenya Mba'Bro!) posting kali ini tentang film kartun yang berpengaruh pada masanya masing-masing. List kartun berdasarkan era 80an akhir sampai tahun 2000 belasan (harap maklum karena saya kecilnya tahun 80an akhir ke 90an). Apa saja? cekibrot:

Tahun 80an akhir

TVRI masih menjadi tontonan dominan kala itu, jadi kartunnya ya yang di tayangin TVRI. Kebanyakan kartun dari Amerika, tapi ada juga anime (kartun Jepang) nya. apa aja? ni dia:

Teenage Mutant Ninja Turtles alias kura-kura Ninja


Yang kecilnya tahun 80an dijamin kenal betul kartun yang satu ini, judulnya yang kepanjangan disederhanakan menjadi kura-kura ninja saja. Ceritanya sendiri tentang 4 kura-kura bersaudara yang terkena mutasi berubah menjadi manusia kua-kura yang dilatih oleh seekor/seorang manusia tikus (hasil mutasi juga) bernama Master Splinter menjadi ninja guna melawan kejahatan Shredder.

 Voltus V



Ini kartun robot legendaris anak-anak 80an. sayangnya karena saya masih kecil sekali (saya masih belum sekolah) sehingga ingatan saya akan kartun ini agak sedikit lupa, he3x... Pengaruh kartun Voltus pada zaman saya kecil terlihat dari baju yang saya pakai saat itu, gambarnya Voltus dan mainan Voltus menjadi mainan populer pula saat itu. Cerita kartun ini tentang perlawanan manusia melawan boazanian dengan menggunakan robot yang berasal dari 5 buah kendaraan yang bersatu menjadi robot bernama Voltus.

He-Man


"With the Power of gray skull, I Have the power!!!" Itu lah teriakan khas dari Pangeran Adam yang lalu berubah menjadi jagoan bernama He-Man untuk melawan kejahatan Skelletor si manusia berwajah tengkorak. Senjata He-man berupa pedang sakti bernama Sword of He dan menjadi pelindung kerajaan Eternia.

G-Force: Battle of The Planet


Ini kartun joinan Jepang dan Amerika, di Jepang dikenal dengan judul Gatchaman. Ceritanya tentang 5 jagoan pelindung bumi berkostum semacam burung. Yang unik adalah senjatanya... Yoyo!! sedang musuhnya berkostum mirip tikus! he3x... 

Awal 90an

Awal 90an ditandai dengan kemunculan TV Swasta seperti TPI (sekarang MNC TV), RCTI, SCTV dan ANTV. Film kartun pun mulai beragam. Dan awal serangan kartun Jepang atau anime mulai gencar di tahun ini bersaing dengan kartun dari Amerika.

The Simpson


Tayang di RCTI, siapa yang tidak kenal keluarga berkulit kuning dengan tatanan rambut aneh ini, bahkan sampai sekarang masih populer walau sudah tidak tayang lagi. Ceritanya seputar kekonyolan keluarga Simpson dalam menjalani kehidupan. Kartun ini tidak tayang lagi konon karena banyaknya muatan yang tidak pantas untuk budaya Indonesia.

Yonkuro


Sebelum ada anime Avante dan Let's and Go, kartun tentang mini car adalah kartun Yonkuro. Gara-gara kartun ini banyak anak-anak yang merengek pengen punya mobil Tamiya, Mini car jagoan nya kala itu Dash 1. Lucunya lagi... saking terpengaruhnya dengan kartun yang lagi tayang, nyaris semua Dash 1 kala itu dihiasi bulu.. bisa bulu ayam, bulu burung, bulu bebek.. asal jangan bulu ketek aja! he3x... Karena di anime nya, saat sang jagoan Yonkuro mini car nya sedang jauh tertinggal dan kemudian menyelipkan bulu burung di bagian tail mini car nya,seketika mini carnya langsung ngebut!! he3x.. dikibulin film kartun mau aja!

Saint Seiya


Ini dia anime Favorit saya waktu itu, sampai sekarang pengaruhnya masih terasa dengan masih banyaknya action figure Saint Seiya yang di cari dan dibeli kolektor. Bahkah kostum Saint Seiya pun masih menjadi inspirasi apabila ada festival cosplay. Ceritanya macam-macam tergantung season nya, secara garis besar ceritanya tentang para Saint pelindung Dewi Athena dalam menyelamatkan Putri Saori yang diculik.

Candy-Candy


Anime ini nyaris saya tidak pernah nonton. Jujur, saya memang tidak suka, namun saya tidak bisa menutupi kalau anime ini sangat berpengaruh pula di zaman nya. Ceritanya ya tentang kehidupan si Candy-candy itu.. agak sinetron ceritanya, ada cinta-cinta-an nya.

Doraemon


Siapa coba tidak kenal anime yang satu ini, sampai sekarang masih tayang, komik nya masih bertaburan di toko buku bahkan sampai di cetak ulang karena komik Jepang jaman Orde Baru harus di sesuaikan dengan format baca kanan ke kiri, sekarang dicetak sesuai aslinya dengan format baca kiri ke kanan. Cerita nya tentang robot kucing dari masa depan yang dikirim ke masa sekarang untuk menolong Nobita dengan peralatan canggih abad 22 yang disimpan dalam kantong ajaib nya Doraemon.

Batman: The animated series


Kesuksesan film Batman-nya Tim Burton kala itu membuat Warner Bross untuk membikin pula animasinya. Gaya gambar Bruce Timm menjadi ciri khas kartun ini dengan karakter yang wajahnya kotak-kotak. Ceritanya... ya tentang Batman melindungi Gotham City dari penjahat semisal Joker, Two Face, The Riddler dan the Pinguin. tampilan paling iconik dari kartun ini adalah saat Batman berdiri di atas gedung yang nampak cuma siuletnya saja lalu tiba-tiba kilat menyambar dan Batman pun terlihat karena cahaya dari kilat tersebut.

bersambung ke part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar