Rabu, 04 Juni 2014

Film Superhero Mendekati Realitas

Film Superhero baru-baru ini benar-benar meledak, sejak tahun 2001 saat kemunculan film X-Men pertama nyaris setiap tahun film Superhero rilis di bioskop.

Superhero sendiri bila diartikan secara langsung artinya Pahlawan Super yang lalu di defenisikan sesosok manusia yang memiliki kekuatan luar biasa, dengan kekuatannya tersebut dia dapat melakukan aksi-aksi penyelamatan dan memberantas kejahatan. 

Namun sejak kemunculan Batman yang tidak punya kemempuan super makna Superhero sedikit mengalami pergeseran sehingga Superhero sekarang lebih diartikan seseorang yang menggunakan kostum yang lalu beraksi memberantas kejahatan. Karena itulah kemudian ada beberapa film Superhero yang kesan-nya masuk akal. Apa saja? nyok mari disimak (list berdasarkan dari yang sedikit real sampai mendekati realitas)


Iron Man


Ini dia Superhero Favorit anak-anak zaman sekarang. Bagaimana tidak favorit, tampilannya keren plus aksinya yang juga mantap. Tony Stark adalah orang biasa yang aslinya penyakitan (karena kecanduan alkohol) namun dengan kepintarannya mampu membuat kostum robot yang memberikannya kemampuan super berkali-kali lipat, bisa terbang, kebal peluru, mampu menembakan energi dari telapak tangan dan lain-lain. 

Namun sayangnya teknologi yang kelewat canggih membuatnya berada di urutan buncit, karena di dunia nyata masih sulit mewujudkan sosok Iron Man.Tapi entahlah beberapa tahun lagi, bisa jadi sosok Iron Man benar-benar nyata.


Watchmen


Watchmen adalah aliansi perkumpulan Superhero, andaikata Superhero itu betul-betul ada bisa jadi lika-liku kehidupan mereka persis sebagaimana cerita Watchmen. Superhero lebih digunakan pemerintah sebagai alat menjadi adikuasa. Para Superhero pun akhirnya menjadi perang batin dan jadi galau menentukan mana yang benar mana yang tidak. 

Asiknya anggota Watchmen kebanyakan adalah manusia tanpa kekuatan super seperti The Comedian, Night Owl II, Silk Spectre II, Ozymandias dan Rorscach, namun sayangnya ada sosok Dr. Manhattan yang sosoknya kelewat super sehingga membuat Film Watchmen berada diurutan ini.


Batman


Siapa tidak kenal Batman? dia adalah pelopor Superhero tanpa kemempuan super pertama. membasmi kejahatan murni menggunakan tenaga sendiri plus intelegensia ala dektektif dan tidak ketinggalan gadget-gadget canggih ala James Bond (malah lebih canggih).

Bruce Wayne seorang Jutawan yang ternyata memiliki masa kecil suram yang justru membuatnya terinspirasi menjadi superhero berkostum kelelawar. Sayangnya gadgetnya masih kelewat canggih di zaman sekarang sehingga membuat Batman bukanlah Superhero paling mendekati realistis di list ini.


Green Hornet


Serialnya ditahun 80-90an yang tayang di televisi Indonesia membuat Bruce Lee yang memerankan tokoh Kato ngetop sengetop-ngetopnya! Film terbarunya tayang 2011 kemaren. Green Hornet bisa kita bilang "versi" nyata dari Batman. Ceritanya sebelas dua belas dengan Batman tapi gadget yang mereka gunakan lebih realistis.


V for Vendetta


Sampai filmnya berakhir tidak diketahui siapa sosok dibalik topeng opera yang mirip wajah Guy Fawkes ini. Bertarung tanpa senjata mesin sama sekali, cuman mengandalkan pertarungan hand combat plus pisau. 

Cerita filmnya sendiri tentang perlawanan sosok bertopeng yang identik dengan simbol V terhadap pemerintahan Inggris yang Fasis, diakhir cerita tersirat bahwa siapa pun bisa jadi sosok dibalik topeng tersebut dimana banyak orang berkumpul mengenakan topeng opera tersebut sebagai perlawanan terhadap pemerintah. 
Sayangnya walaupun mendekati realistis sepertinya sosok V masih belum menggambarkan sosok superhero paling real.


Kick Ass


Ini dia penggambaran mendekati realistis apabila Superhero ada di dunia nyata. Seorang remaja bernama Dave yang sangat gandrung cerita komik kemudian berpikir bagaimana andai dia juga menjadi Superhero, dengan kostum dan peralatan seadanya dia lalu patroli keliling kota tanpa kemampuan apa-apa, berkelahi tidak becus senjata cuman stik ala security doang, walhasil dia malah menjadi kewalahan. Untungnya ada sosok Big Daddy dan Hit Girl yang jauh lebih terlatih membantu aksinya. 

Andai di dunia nyata ada orang sok-sok-an ingin jadi superhero, maka penggambaran Kick ass adalah jawabannya dan membuat filmnya menjadi yang paling mendekati realistis tentang sosok Superhero.


Yap! itulah list film Superhero yang mendekati realistis versi saya, karena ini versi saya jadi wajar andaikata ada perbedaan dengan versi anda sehingga anda tidak sependapat. he3x...


Bonus:

Real life Superheroes


Kalau film-film diatas saya tulis sebagai "mendekati" saja. Maka film ini adalah yang paling realistis karena ini film dokumenter tentang orang-orang yang berkostum lalu memcoba menjadi superhero di dunia nyata. Ada yang membantu Polisi, namun tidak sedikit pula yang justru malah ngerepotin Polisi, he3x..

Film ini konon turut menjadi inspirasi untuk ide film Kick Ass 2, dimana Kick Ass lalu bergabung dengan kelompok superhero bernama Justice Forever.


Sumber: Hasil nonton
Sumber Gambar: Ngubek internet

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus