Minggu, 20 Desember 2015

Panduan Sebelum Nonton Star Wars: The Force Awakens Bagi Non Fans


Berawal dari pertanyaan seorang teman "apakah harus nonton Star Wars episode 1-6 untuk bisa memahami film Star Wars: The Force Awakens? Saya pengen nonton tapi gak ngerti sama yang episode 1-6"

Dan jawabannya adalah... Tidak masalah! Star Wars: The Force Awakens adalah sebuah saga baru yang bahkan buat mereka non fans akan mudah menikmati. Namun, walau begitu buat non fans yang malas atau kurang paham dengan dual trilogy sebelumnya alangkah baiknya mengerti hal-hal berikut biar nanti lebih mudah dalam memahami dan menikmati film Star Wars: The Force Awakens.


1. The Force adalah sebuah kekuatan (boleh dibilang) supranatural di galaxy, siapa pun yang mampu menguasai kekuatan The Force maka akan menjadi sangat hebat, luar biasa.

2. The Force memiliki "dua sisi", terang dan gelap. Mereka yang menggunakan kekuatan The Force untuk kemaslahatan umat (duh bahasanya) maka akan memilih sisi terang. Mereka yang menggunakan kekuatan The Force untuk ambisi, kekuasaan, nafsu duniawi lainnya akan memilih sisi gelap.


3. Mereka yang menggunakan sisi terang The Force disebut Jedi (dibaca jeday ya Bro buka jedie) dan yang menggunakan sisi gelap disebut Sith.


4. The Force bisa diwariskan. Artinya bila orang tua nya menguasai The Force maka turunannya juga akan menguasai The Force. Seperti hal nya Anakin Skywalker/ Darth Vader yang mewariskan The Force pada anaknya Luke Skywalker dan Leia Organa. Maka otomatis pula anak dari Han Solo dan Leia juga menguasai The Force (siapa dia? Tonton aja film Star Wars: The Force Awakens) karena mewarisi The Force dari Leia.

5. Seorang Jedi bisa saja jadi Sith (seperti Anakin yang jadi Darth Vader) dan sebaliknya, tergantung dari sisi The Force mana yang paling kuat pada dirinya. Seorang Jedi menjadi Sith umumnya karena tergoda dengan urusan pribadi hasil dikompor-komporin salah satu Sith. Sebaliknya Sith berubah menjadi Jedi umumnya karena mendapat "pencerahan" dari seorang Jedi juga.

6. Beberapa hal yang bisa dilakukan mereka yang menguasai The Force.. Mampu menyelami pikiran seseorang, membaca dan mengorek informasi walau si pemilik pikiran menolak. Mampu mempengaruhi pikiran seseorang (semacam hipnotis) sehingga orang tersebut bisa kita suruh-suruh walau aslinya menolak. Mengendalikan benda dari jarak jauh (telekinetik). Menguasai Lightsaber.


7. Lightsaber adalah pedang cahaya dari energi The Force yang hanya bisa dikuasai mereka yang memiliki The Force. Lightsaber para Jedi umumnya berwarna biru, ada juga hijau dan violet, sedangkan Sith hanya punya 1 warna, merah. Ada rumor mengenai warna hitam, tapi entah benar atau tidak.


8. Deathstar adalah senjata pemusnah massal Sith berbentuk seperti planet, di film terbaru berevolusi menjadi lebih menakutkan (duh spoiler.. He3x)


9. Stormtrooper adalah tentaranya Sith. Cikal bakal Stormtrooper adalah Clone Trooper (muncul di episode II) tentara yang diciptakan dari hasil kloning prajurit bayaran bernama Jango Fett, jangan heran mukanya sama semua. Pada masa Galactic Empire Stromtrooper merupakan hasil rekrutan dan biasanya hasil penculikan anak-anak yang kemudian di didik menjadi tentara dan mungkin masih ada yang dari sisa-sisa Clone Trooper yang ikut bergabung ke Stromtrooper.

Sedikit sinopsis (semoga tidak spoiler): setelah kekuasan Galactic Empire runtuh dengan matinya Darth Vader dan Darth Sidious, kekuatan Sith tidak serta merta hilang, munculnya pimpinan agung Snoke dan anak didiknya Kylo Ren menjadi ancaman baru perdamaian galaxy dengan berdirinya First Order. Luke Skywalker satu-satunya Jedi tersisa turut menghilang. Mampukah First Order dikalahkan? Nonton lanjutannya masing-masing! He3x..


Bonus
SPOILER BANGET!!! SEGERA TUTUP BILA TIDAK INGIN MENGETAHUINYA!!

Kemunculan Trio The Raid di Film Star Wars: The Force Awakens

Ini dia yang juga bikin heboh Film Star Wars: The Force Awakens di Indonesia. Ya! Yayan Ruhiyan atau lebih dikenal sebagai Mad Dog si greget bagi anak-anak meme dan juga Cecep serta Iko memang bermain di ini film. Namun ya... namanya juga bukan pemeran utama, jangan haraplah mereka tayang lama, namun walau begitu kemunculan mereka di layar lumayan bikin heboh bioskop juga, apalagi pas Mad Dog bicara, satu bioskop ketawa semua! He3x... Yayan CS berperan sebagai anggota geng Kanjiklub tapi lebih mirip rentenir yang nagih hutang sama Han Solo namun gara-gara suatu kegaduhan di pesawat, acara nagih hutang jadi berantakan. Sayangnya tidak ada aksi pukul-pukulan seperti yang diharapkan kebanyakan penonton, yang ada tembak menembak Laser yang sudah menjadi ciri khas film Star Wars. Saya pribadi tetap bangga melihat kemunculan mereka, film Star Wars gitu loh!! J.J Abrams pula yang bikin! He3x..

2 komentar: