Jumat, 19 Juli 2013

[Mengenang] Puasa Zaman Masih Nge-Kost


Tidak terasa sudah 10 hari-an kita puasa tahun ini, banyak cerita itu sudah pasti, kadang ada yang berulang tiap tahun. Namun bagi yang sekarang sudah lulus kuliah ada satu cerita bulan puasa yang rasanya sulit terulang lagi... cerita puasa waktu zaman nge-kost (kecuali anda sampai saat ini masih nge-kost). Ya rame nya, suka dukanya seru untuk dikenang, tulisan kali ini mencoba mengenang kembali cerita penulis waktu masih jadi anak kost tiap menghadapi bulan puasa:

Hemat
 
 
Bulan puasa bulan penghematan! he3x... Jelas sekali, karena dana makan siang jadi hilang! dan yang paling "parah" jatah makan yang biasanya buat 3xsehari jadi 1xsehari! Lho kok bisa? karena jatah makan siang tidak ada plus jatah makan malam diganti buka puasa di mesjid, jadilah jatah makan cuma buat makan sahur! hemat!!!!! he3x.. Lumayan duit lebihan nya buat beli baju baru buat lebaran!

"Safari Mesjid" a.ka Buka Puasa Bareng di Mesjid
 
 
Neh dia yang disukai anak kost! Makan gratis! he3x... Bukan hal aneh lagi mesjid dikawasan dekat kost-kostan bakal rame diserbu anak kost saat buka puasa. Biar tidak bosan dengan "menu" yang itu-itu saja biasanya anak kost suka keliling mesjid dan langgar/mushola yang menyediakan buka puasa, istilah kami dulu... Safari Mesjid... biar belagak kaya pejabat! Cuman usil nya anak kost dulu, saat buka puasanya rame.. eh pas Sholat Mahgrib nya malah sepi! Haduh! ketauan cuman ngincer makannya doang!

Teraweh nyari yang 11 rakaat atau yang bacaan Imam-nya "ngebut"

Disini saya tidak ingin memperdebatkan jumlah rakaat, cuma sekedar cerita saja dulu waktu zaman saya masih nge-kost anak-anak sukanya teraweh di mesjid yang rakaatnya cuma 11, walau disamping kost mesjid, tapi kalau 23 rakaat anak-anak kost jarang ikutan, biasanya nyari mesjid yang 11 rakaat atau... bisa jadi ikut teraweh yang 23 rakaat asal Imam-nya bacaannya "ngebut"! Biasanya ada Imam-imam Favorit anak kost! he3x..

Sahur Bareng

Tidak cuma buka puasa yang bareng, anak kost sahur pun bareng. Dulu saya punya "tugas" membangunkan anak-anak kost bangun sahur. Kalau tidak di bangunkan, mereka jarang bangun sendiri, kalau udah lupa sahur jadilah alasan mereka besok buat tidak puasa! hadah!!! Kayak gini neh kelakuan anak kost... kalah sama anak kecil kalau urusan puasa! Biasanya kami berangkat nyari makan sahur bareng-bareng. Tempat Favorit dulu di daerah Intan Sari Banjarbaru belakang Unlam. Cuman kalau mau sahur disana musti agak cepetan, kalau lambat... bisa tidak kebagian tempat karena itu warung diserbu pula oleh anak-anak asrama! Teman-teman yang non-Muslim di kost juga sering ikutan sahur bareng.

Males-malesan Bareng
 
[watchout!!!! Maho Detected!!! Hahahaha... :-D ]
 
Hadah!! he3x.. ini kelakuan anak kost kalau harinya udah siang. Ngumpul di satu kamar... leyeh-leyeh dah disana, nonton TV, main PS sampai tidur pun bareng (hiiii...) he3x..

Nongkrong Bareng
 
 
Satu kebiasaan di Bulan Puasa didaerah manapun adalah adanya Pasar Ramadhan yang berjualan kue dan makanan untuk berbuka lainnya. Jujur.. kami jarang sekali pergi kesana.. maklum.. kere bos! Hahaha... Daripada jalan-jalan kesana-sini cuma buat ngabisin bensin dan ke pasar gak sanggup beli juga, mending nongkrong bareng aja di kost. Ada yang sambil main-main gitar, ada pula yang sambil ngecengin cewek yang lewat.

Beraktifitas Seperti Biasa
 
 
Tidak selamanya kami malas-malasan di bulan puasa, kalau memang ada yang harus dikerjakan, kami beraktifitas seperti biasa. Ada yang kuliah, ada yang beres-beres, ada pula yang nyuci pakaian.

Buka Puasa Bareng di Luar
 
 
Ada kalanya kita dapat undangan dari kampus masing-masing, angkatan masing-masing dan alumni masing-masing buat buka bareng. Saat itu lah anak kost buka puasanya mencar-mencar sesuai acara masing-masing pula.

Nonton Tanglong


Di daerah Banjarbaru biasanya di malam 21 Ramadhan diadakan festival malam Tanglong. Pada malam ini banyak dari perwakilan daerah dan kelompok ikut serta dengan menggunakan kendaraan yang dihias unik-unik, ada yang bentuk mesjid, unta bahkan yang tema nya gak nyambung... naga! Waktu Zaman nge-kost kami cukup nongkrong di dekat simpang 4 Banjarbaru atau di depan Unlam buat menikmati pawai malam Tanglong. Buat yang niat bener... datang langsung ke lapangan Murdjani pusat berlangsungnya acara. Lumayan hiburan. he3x..

Seminggu Sebelum Hari Raya, Mesjid Mendadak Sepi

Bukan karena kami males ke mesjid tapi seminggu sebelum hari raya umumnya kami sudah pada mudik ke kampung masing-masing, di kost hanya menyisakan segelintir penghuni saja lagi yang masih ada urusan di kampus. Walhasil jumlah "peserta" buka puasa di Mesjid pun berkurang drastis... termasuk jamaah sholat teraweh nya!

[WARNING!: JANGAN DITIRU!!!] Pecah Puasa Bareng

Yang ini mohon jangan ditiru! Dosa Masbro!! Hedeh!! Anak kost adalah anak yang bebas, saking bebasnya kadang puasa juga bebas. Entah bagaimana caranya... kadang-kadang ada aja yang "sukses" pecah puasa! Parahnya.. kadang ngajak-ngajak! Tau-tau aja pas siang hari saya masuk kamar salah satu teman.. eh.. bau kamarnya nasi campur! kacau!

Ya! Segitu dulu kenangan bulan puasa waktu zaman saya nge-kost!! Jadi kangen sama teman-teman kost neh! he3x.. Semoga puasa kalian pada lancar dan tidak bolong-bolong lagi! hahahaha...

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1434H

2 komentar:

  1. foto yang paling atas, khusus nx yang naek motor supra keren abiessss....

    BalasHapus