Senin, 02 September 2013

Tergantikan Oleh Ponsel


Selain dompet, ponsel atawa handphone alias hape adalah benda yang bisa bikin panik apabila ketinggalan. Macam-macam alasanya, takut ada sms tidak dibalas lah, takut ada telpon penting tidak diangkat lah atau ketinggalan hape bisa bikin bete karena tidak ada hiburan. Apapun alasanya harus kita akui ponsel sekarang ini merupakan benda "wajib" yang harus menyertai kita nyaris kemanapun kita berada, sampai-sampai tidur pun dibawa.

Hal tersebut diatas bukan hal aneh lagi, ponsel zaman sekarang dengan segala fitur dan aplikasi di dalamnya membuat kita menjadi sangat ketergantungan dengan benda ini, bahkan ada beberapa benda yang karena adanya ponsel menjadi nyaris tidak terpakai lagi. Benda apa saja itu? cek dimari juragan!! Oh ya... Sebagaimana gambar diatas, ponsel yang jadi patokan adalah ponsel jadul legendaris Sony Ericsson W700i alasan nya ponsel ini mungkin bisa jadi penengah antara ponsel jadul zaman layar masih monochrome dengan ponsel zaman smartphone sekarang ini, lagi pula saya pernah punya ponsel ini, jadil lebih mudah dalam referensinya.

Telepon

Jelas! Ponsel diciptakan awalnya untuk menggantikan fungsi telepon yang tidak bisa dibawa kemana-mana dan lebih personal. Tidak heran apabila sekarang ini aktifitas telpon-menelpon bisa dilakukan dimana saja asalkan ada pulsa dan sinyal nya he3x.. Telepon rumah pun mulai tergeser kecuali untuk kantor dan toko yang masih memerlukan.

Surat

Fitur SMS atau Short Message Service adalah fitur andalan utama ponsel selain telepon. Karena ada SMS yang sifatnya cepat sampai dan tepat sasaran (asal tidak salah nomor) menjadikan surat menjadi tersisihkan, bahkan saat Hari Raya dulu kita sering kirim-kiriman kartu Lebaran, sekarang fungsi itu digantikan oleh SMS dan untuk ponsel yang sudah support minimal GPRS sudah bisa kirim-kiriman gambar atau MMS, walhasil surat semakin tergantikan.

Catatan/note

"Alamat lu dimana Gan? mau gua catet biar ingat" dan bukan nya mengambil pulpen dan kertas, biasanya kita malah mengambil ponsel, mengetikan catatan di ponsel dan biasanya disimpan di fitur note atau saved message. Daftar belanja, daftar kegiatan yang harus dilakukan dan yang paling parah... kebetan alias kerpean buat nyontek juga memanfaatkan fitur note di ponsel! He3x... jadi... ketinggalan pulpen dan kertas tidak masalah selama ada ponsel.

Kalkulator

"Wah ini celana harganya 135ribu diskon 20% kira-kira jadi berapa ya harganya?" tenang... ambil ponsel anda dan buka fitur kalkulator didalamnya maka di dapatlah hasil berapa itu harga celana. Yap!! Semenjak ada ponsel belanja di Dept.store yang lagi diskon menjadi lebih mudah kita mengetahui harga tanpa perlu kelihatan norak bawa-bawa dan pencet-pencet kalkulator, bisa sambil gaya juga! :-D

Jam (tangan)

"Jam berapa sekarang Bro?" "Tunggu... gua liat hape dulu" Hah??? Ditanya jam berapa malah liat hape? Ponsel zaman sekarang gitu loh! He3x... Fitur jam sudah menjadi fitur yang wajib hadir di ponsel manapun, baik yang masih monochrome sampai yang layarnya sudah di toyor dan usap-usap. Karena fitur ini anak muda zaman sekarang sepertinya jarang yang pakai jam tangan dan lebih memanfaatkan fitur jam di ponsel untuk mengetahui waktu, termasuk kalender juga.

Weker (Alarm) dan Timer

Kasus weker 11-12 sama dengan kasus jam tangan diatas, fitur alarm yang ada di ponsel membuat kita sepertinya tidak perlu lagi jam weker (weaker) buat membangunkan kita di pagi hari. Fungsi alarm di ponsel terkadang lebih canggih karena bisa disertai catatan, sehingga setiap dia berbunyi kita bisa mengingat apa yang harus dilakukan di waktu tersebut. Begitu juga timer yang ada di ponsel lebih cepat karena bisa disertai catatan.

Stopwatch

Anda mau mengadakan lomba balap karung? dan ingin tau siapa peserta balap karung tercepat tetapi lupa bawa stopwatch? gampang!!! buka saja ponsel dan manfaatkan fitur stopwatch yang ada disana, mudahkan! Sampai-sampai guru olahraga di sekolah sekarang jarang yang ngalungin stopwatch, mending ngantongin hape kata mereka.

Game'n watch

Alias gembot kata anak-anak zaman 90an... Nokia (CMIIW) adalah pelopor ponsel dengan game di dalamnya. mulai dari Snake sampai Space Impact menjadi obat BeTe buat ponsel  layar monochrome, sampai ponsel mulai ada yang support java malah game ponsel semakin menjadi-jadi. Macam-macam game nya, mulai dari arcade, balapan bahkan game strategy ada buat ponsel. Semakin kesini perkembangan game ponsel semakin keren yang tersedia untuk smartphone.

Senter

Beberapa ponsel ada yang menyediakan fitur flashlight alias senter seperti Nokia 1100 sang legendaris ponsel sejuta umat. Ponsel yang kameranya ada LED flash nya juga bisa memanfaatkan LED flash kamera sebagai senter. Nah bagaimana kalau ponsel tersebut tidak ada LED flash dan fitur flashlight nya? Pernahkah anda menemui kejadian saat mati lampu seseorang bukannya mencari senter atau korek tetapi malah mencari hape? dan kemudian memanfaatkan cahaya layar ponsel kemudian mencari korek, lilin atau senter? Bila YA, berarti tanpa adanya LED flash pun sebuah ponsel bisa dimanfaatkan sebagai senter! :-D

Radio dan Tape 

Lagi BeTe? pengen dengerin musik? Tenang aja! colok ponsel anda dengan headset dan aktifkan fitur radionya! He3x... Ponsel anda support MP3 dan ada MP3 Playernya? bisa juga dengarkan lagu-lagu koleksi MP3 di ponsel anda. Untuk Fitur yang satu ini mungkin hanya untuk ponsel yang sudah agak modern dikit, walaupun ada juga ponsel jadul monochrome yang ada radio dan MP3 playernya (saya lupa Nokia jadul tipe berapa itu ada yang bisa, bentuknya lebar dan sudah tombol qwerty pada masa ponsel masih alpha numberik).

Kamera

Ini dia yang menyebabkan abegeh zaman sekarang pada narsis ria! Fitur kamera di ponsel! mulai yang masih resolusi VGA sampai belasan megapiksel sekarang ini. Ponsel berkamera mulai rame sekitar tahun 2004an dan makin kesini makin berevolusi baik dari sisi resolusi kamera dan fitur kameranya. Kamera menjadi salah satu faktor penting bagi seseorang apabila ingin membeli ponsel. Efek baiknya... dengan adanya kamera di ponsel kita dapat mengabadikan apa saja secepatnya dan efek buruknya... dulu... bokep itu harus dibuat di rumah produksi film biru... sekarang? Asal ada hape... lagi indehoi sama pacar direkam di ponsel jadilah film bokep homemade... kacau... Tidak heran semenjak ada ponsel berkamera film bokep homemade menjamur dengan format 3gp sampai-sampai diabadikan oleh band Efek Rumah Kaca di lagu "Kenakalan Remaja Di Era Informatika"

Yah!!! Segitu aja dulu!! sebenarnya masih banyak lagi fitur ponsel yang menggantikan benda-benda disekitar kita apalagi di ponsel smartphone yang sepertinya menggantikan fungsi komputer, dan beberapa ponsel lokal malah ada yang bisa untuk nonton TV. Berhubung keterbatasan saya jadinya segini aja dulu. Buat yang pengen nambahin silahken Bos!!


1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus